Penyebab Bau Badan dan Cara Menghilangkannya

Sebelum anda membaca, Saya mengingatkan anda untuk melihat dan membaca dahulu laman Disclaimer

Bau badan terkadang sangat menyebalkan walau bukan diri sendiri yang merasakan, namun orang disekitar akan merasa illfeel jika dekat orang yang bau badan. berikut adalah tentang penyebab bau badan dan cara menghilangkannya yang mudah dan alami.

Penyebab Bau Badan
Penyebabkan bau badan ada bermacam-macam, misalnya : karena makanan, perubahan hormon, faktor keturunan atau kelainan genetik, diet tidak seimbang atau bahkan karena penyakit. Lebih spesifiknya penyebab bau badan adalah adanya bakteri pada kulit yang berproses dengan protein dan gula dalam keringat. Kemunculan keringat salah satunya adalah karena proses metabolisme tubuh. Karenanya, bau di badan sangat berhubungan erat dengan apa yang kita makan dan minum sehari-hari.


Sedangkan untuk bau di badan yang membandel dan tidak mau menghilang, penyebabnya bisa jadi adalah apa yang disebut dengan trimethylaminuria (TMAU). Trimethylaminuria adalah ketidakseimbangan genetika yang mengakibatkan seseorang memiliki bau badan yang tidak enak dan asem. Penderita TMAU tidak mampu mengolah zat kimia choline yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, sehingga menghasilkan bau tak sedap di badan.


Makanan Penyebab Bau Badan
Seperti disebutkan dimuka, bahwa bau tidak enak di badan sangat berkaitan erat dengan apa yang kita konsumsi sehari-hari. Ada beberapa bumbu dan makanan yang bisa menjadi penyebab bau badan. Makanan penyebab bau badan diantaranya adalah :  bawang (baik bawang putih atau pun bawang bombay), kunyit, daging merah serta makanan pedas. Kesemuanya merupakan (bumbu) makanan penting untuk membangkitkan selera makan. padahal jika kita makan di resto atau rumah makan, banyak bumbu makanan penyebab bau badan tak sedap itu yang dipakai.

Makanan Penghilang Bau Badan
Selalu ada dua sisi dalam setiap keping kehidupan. Demikian pula dalam kaitan makanan yang kita konsumsi dengan bau tak sedap di badan. Ada makanan yang bisa menyebabkan bau badan, ada pula makanan yang bisa menghilangkan bau badan. Makanan penghilang bau badan diantaranya adalah : tomat, jeruk nipis, seledri dan teh hijau. Tomat bisa langsung dimakan atau dibuat minuman jus tomat. Jeruk nipis bisa dibuat es jeruk nipis, teh manis jeruk nipis, atau jeruk nipis diiris diremas dan dibalurkan ke ketiak. Seledri bisa dicampurkan dalam masakan. Sedangkan teh hijau untuk dibuat minuman berbahan dasar teh hijau.

Menghilangkan Bau Badan Dengan Alami
Menghilangkan bau badan secara alami sebenarnya mudah, yang penting adalah kita konsisten dengan upaya mengatasi bau badan tersebut. Berikut cara menghilangkan bau badan yang mudah dan alami diantaranya.

Rajin Mandi
Cara Simpel yang pertama adalah harus rajin mandi. Apalagi kita berada di negara tropis dimana wilayahnya mendapatkan sinar matahari sepanjang musim. Logikanya banyak terkena sinar matahari identik dengan banyak berkeringat dan banyak berkeringat berarti badan jadi bau.
Salah satu bagian tubuh yang paling banyak menghasilkan keringat dan bau tak sedap di badan adalah ketiak. Jadi saat mandi, bersihkan sekitar ketiak dengan sebersih-bersihnya agar bau badan menghilang.

Mengontrol Konsumsi Makanan
Cara kedua yang cukup simpel yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan penyebab bau badan dan rajin mengkonsumsi makanan penghilang bau badan. Meski simpel, sayangnya banyak diantara kita yang kurang sabar dan tidak konsisten sehingga gagal dalam upaya mengatasi bau badan tersebut.

Oke jadi yang penting adalah, untuk mengatasi bau badan itu perlu konsistensi. Tetaplah rajin mengkonsumsi makanan yang bisa menghilangkan bau badan sambil pada saat yang sama megurangi makanan yang bisa menyebabkan bau badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Comment Tapi yang membangun ya (Jangan Spam) (^.^)

Trend Minggu Ini