Review Aplikasi WhatsApp

Sebelum anda membaca, Saya mengingatkan anda untuk melihat dan membaca dahulu laman Disclaimer

Whatsapp
Kali ini saya akan me-review tentang aplikasi WhatsApp.
Kalau bicara aplikasi Whatsapp ini siapa yang tidak tahu. Aplikasi sosial media dengan menggunakan nomor telepon ini sudah lama dikenal. Sebelum di akuisisi facebook, aplikasi ini menawarkan langganan setelah pengguna mencobanya selama satu tahun.
Namun setelah Whatsapp di akuisisi Facebook, aplikasi ini menjadi sepenuhnya gratis bagi setiap orang dengan menggunakan nomor telepon sebagai identitas pengguna.
Pada tanggal 16 November 2016, Whatsapp resmi meluncurkan panggilan video atau video call bagi para penggunanya.

Untuk melakukan panggilan video, kedua pengguna harus update menggunakan versi WhatsApp yang mendukung. Jika salah satu pengguna tidak mendukung, maka WhatsApp akan menampilkan pesan error yang menyatakan kontak belum memperbarui aplikasi.
Untuk pengguna iOS harus menggunakan WhatsApp versi 2.16.17 agar bisa menggunakan video call tersebut. Sementara itu, pengguna Android akan menemukan fitur panggilan video pada versi 2.16.352.

Untuk memperbarui atau update aplikasi ini dapat mengunjungi tautan berikut.
untuk iOS https://itunes.apple.com/id/app/whatsapp-messenger/id310633997?mt=8
untuk android https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp&hl=id

Akan tetapi, sayangnya fitur video call tidak dapat bekerja pada semua perangkat. Untuk pengguna iPhone misalnya diperlukan iOS 8 ke atas untuk menikmati fitur ini. Sedangkan, pengguna Android setidaknya harus menggunakan ponsel dengan versi Android 4.1 "Jelly Bean" atau lebih.

Setelah saya sendiri mencoba fitur video call ini pada jaringan 4G smartfren, hasilnya cukup memuaskan koneksi stabil pada kecepatan 40-60 KB/detik walau gambar sedikit buram. Mungkin ini dikarenakan kamera pada perangkat yang saya gunakan dan juga kualitas jaringan.
Dengan dirilisnya video call ini saya harap kualitas dari layanan ini tetap terjaga. Karena seperti kita ketahui WhatsApp ini merupakan statrup dari facebook yang sepenuhnya gratis dan tidak (atau mungkin belum) menggunakan iklan sebagai timbal balik dari layanan.
Untuk anda yang kesulitan melakukan video call, seperti saya bahas diatas pastikan perangkat dan juga versi dari WhatsApp anda mendukung fitur video call. Selain itu lawan bicara anda juga harus mendukung fitur video call ini baik dari segi perangkat maupun versi WhatsApp.
Sekian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Comment Tapi yang membangun ya (Jangan Spam) (^.^)

Trend Minggu Ini