Enable Curl PHP di Linux

Beberapa aplikasi web seperti API facebook atau yang lainnya memerlukan curl PHP untuk membaca data, tapi sayangnya curl ini merupakan extensi tambahan di luar dari PHP atau bahasa pemograman yang lain.
Dalam kasus yang satu ini saya menggunakan paket program XAMPP for Linux atau bisa disebut LAMPP tapi seperti biasa default tidak mengaktifkan curl untuk PHP nya. Saat saya aktifkan php extensions nya justru malah error.
Pada XAMPP for Windows mungkin cukup mudah untuk mengaktifkan Curl PHP ini kita tinggal edit php.ini yang berada di folder /xampp/php/ lalu edit file tersebut cari php_curl.dll dan kebetulan cuma ada satu kemudian anda tinggal hilangkan komentarnya sehingga yang tadinya
;extension=php_curl.dll
menjadi
extension=php_curl.dll
lalu simpan dan restart apache anda. Jika anda menggunakan XAMPP yang agak versi lama anda perlu cek juga folder /xampp/apache/ jika disitu terdapat file php.ini juga, maka edit juga file itu sama seperti contoh diatas.

Kemudian dalam kasus saya, saat saya menghilangkan komentar tersebut justru keluar pesan error saat menjalankan lampp. ternyata extenstion tersebut untuk windows karena untuk unix dan turunannya menggunakan library berekstensi .so, saat saya mencari tutorial kebanyakan harus menginstall aplikasi curl terlebih dahulu.
Kemudian setelah pencarian agak panjang (sebernarnya sih gak ^_^) saya menemukan juga caranya. ternyata tidak sulit hanya perlu menginstall php5-curl (Saya gunakan LAMPP 1.7.4 jadi menggunakan php versi 5).
Karena saya menggunakan Ubuntu jadi perintahnya cukup mudah tinggal anda pastikan daftar software anda telah up to date lalu install seperti biasa

sudo apt-get install php5-curl


dan ternyata penginstallan ini langsung terintegrasi juga dengan LAMPP saya





Saya tidak tahu apakah installasi ini berlaku untuk semua versi linux atau tidak tapi semoga bisa membantu ^_^
Jika anda ingin install curl nya secara manual dapat kunjungi
http://au2.php.net/manual/en/curl.installation.php
http://curl.haxx.se/libcurl/php/install.html
http://www.wallpaperama.com/forums/how-to-find-out-if-php-is-compiled-with-curl-extension-installed-enabled-t1576.html

Powered by Danz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Comment Tapi yang membangun ya (Jangan Spam) (^.^)

Trend Minggu Ini