Memberi Akses Pada Beberapa File Di Linux

Untuk memberi akses file pada sebuah file dan folder di linux anda bisa memberikan akses dari CLI(Command Line Interface) dengan perintah chmod +x dan seterusnya karena terlalu panjang dan saya jarang memakainya jadi saya tak ingat (^_^) atau menggunakan angka contoh sudo chmod 777 namafile atau folder dan bisa juga lewat GUI-nya.

Tapi pada suatu kejadian yang saya alami saya meng-copy file dari drive windows kemudian saya eksekusi pada linux ubuntu kemduian file tersebut menjadi error kemudian setelah selidik di selidiki ternyata setelah saya klik kanan properties, hak aksesnya menjadi no body atau kosong dan pilihan eksekusi file tidak di centang, kemudian saya beri hak akses baca dan tulis serta mencentang bolehkan eksekusi program maka program itu bisa dieksekusi.

Selain itu saya juga pernah meng-copy file-file web php yang sudah saya simpan dalam satu folder kemudian saya copy ke root direktori webserver di Linux ternyata saat running folder saya tidak ada pada daftar. Lalu saya dengan manual menuliskan nama foldernya dan yang terjadi malah access forbidden alias dilarang mengakses.
Saat saya selidiki lagi ya ternyata sama dengan kejadian pertama akses menjadi kosong dan pilihan boleh mengeksekusi program tidak dicentang. Setelah saya beri akses baca dan tulis serta mencentang pilihan eksekusi program bisa folder dapat dibaca tapi masalah selanjutnya adalah saat web server mengeksekusi file php, juga terjadi access fobidden.



Sebenarnya sih bisa saja memberi akses dan mencentang satu persatu tapi masalahnya filenya cukup banyak dan kalau dilakukan mungkin bisa sampai 1 jam.
Kemdian saya cari-cari di internet ternyata ya dengan sebuah command line bisa dilakukan dalam beberapa detik saja.
Caranya adalah masuk terminal linux(kalo saya sih Ubuntu dan tidak apakah sama dengan linux yang lain) kemudian masuk ke folder tempat menyimpan folder tadi dan pakai perintah chmod sebagai contoh berikut :

cd website (enter)
sudo chmod -R 775 websaya (enter)


Perintah diatas adalah contoh pada file saya dimana cd website yaitu pindah direktori ke web root saya yang kebetulan saya setting di user saya. kemudian pakai perintah chmod dan ditambah dengan (-R) untuk mengeksekusi folder dan serta file yang ada didalamnya, kemudian 775 adalah hak akses yang saya berikan kepada user, owner dan group, kemudian websaya adalah folder web yang saya copy dari drive windows. Kemudian tekan enter dan anda akan diminta memasukan password karena menggunakan perintah sudo, lalu dalam hitungan detik perintah selesai dan saya coba dari borwser dan test web saya dan ya bisa dieksekusi.
Semoga membantu (^_^)

Powered by Danz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Comment Tapi yang membangun ya (Jangan Spam) (^.^)

Trend Minggu Ini