Membuat Koneksi Broadband Di Linux

Untuk membuat koneksi jelas bukan hal yang sulit dan banyak yang sudah membagikan apalagi di forum-forum linuxnya. Saya hanya membagikan sedikit pengalaman kali saja bermanfaat buat semuanya.
Untuk membuat koneksi broadband memang mudah hanya tinggal klik kanan network manager, kemudian pilih edit connection - > pilih tab mobile broadband lalu klik add.
Letak dari network manager sendiri di linux tergantung OS dan user interface yang digunakan. Semisal ubuntu defaultnya di kanan atas dekat panel volume.





Setelah membuat koneksi baru anda masukan username, password, APN, juga pin jika ada. kemudian koneksikan.

Pada kasus yang saya alami adalah network manager sudah menunjukan terhubung dengan provider, tapi waktu saya melakukan surving internet sangat sulit, kadang bisa tapi seringnya sulit dan tidak bisa. berbeda ketika saya pindahkan ke OS windows koneksi lancar dan biasa-biasa saja (tergantung intensitas sinyal dan trafik data). Kemudian ada temen saya yang pake Linux Mint juga mengalami hal yang sama seperti saya dan bahkan dia hanya bisa koneksi ke provider dan tidak bisa surving internet sama sekali walau sudah dicoba beberapa kalipun.

Kemudian setelah dicoba beberapa kali dan di cari ternyata ada kesalahan kecil sekali namun fatal. Pada nama APN nama itu kecil semua jadi karena dia (temen saya) pake telk*m fla*h nama APN-nya telk*msel dan waktu saya ganti namanya menjadi Telk*msel eh ternyata bisa koneksi dengan lancar.
Kemudian setelah itu saya juga ada penasaran mencoba pada Linux Ubuntu saya dan ternyata hasilnya juga sama lancar. APN saya gunakan tadinya ind*satm* saya ganti dengan Ind*satm*
.

Jadi ternyata karena dilinux case-sensitif maka kesalahan sekecil ini pun cukup berakibat fatal. Jadi jika anda yang belum tau mungkin bisa dicoba, kalau yang sudah tau ya sekedar share saja. ^_^ tapi perlu diingat koneksi tergantung pada intensitas sinyal, bandwidth, dan trafik data di provider anda.
Semoga Membantu.

Powered by Danz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Comment Tapi yang membangun ya (Jangan Spam) (^.^)

Trend Minggu Ini