Setting Java Di Windows

Tidak seperti di Linux bila kita install java developmen kit atau sering disingkat jdk di windows tidak otomatis bisa melakukan compile (javac) disembarang tempat.
Tetapi itu bisa kita setting secara manual agar proses compile alias javac bisa dilakukan di mana saja yang kita inginkan.
Caranya adalah pertama anda harus install dulu java versi jdk, jangan versi jre karena versi jre tidak bisa melakukan compile java.
Yang kedua setelah install java versi jdk, klik-kanan mycomputer -> properties. Lalu klik Advanced system settings lalu klik Envinronment variables..
Disini anda akan melihat 2 bagian, yang atas user variables for ..  dan yang bawah system variables. kita abaikan yang atas kita konsentrasi di bagian bawah yaitu system variables. pada system variables carilah variable yang namanya "Path" jangan path yang lain tapi harus "Path" saja tidak ada tambahannya lalu double klik variable tersebut.
Kemudian akan muncul dialog Edit system variable, pada value variable tuju ke akhir baris (bisa dengan tombol end) lalu beri titik koma diakhir(;) , lalu masukan lokasi tempat kita menginstall jdk, contoh : C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_21\bin  . Dan folder haruspada bin karena di folder tersebut ada file javac.exe yang merupakan compilernya java.
Jika sudah klik OK, lalu klik OK lagi, dan Klik OK lagi. Setelah itu buka command promp(cmd), jika anda sudah membuka cmd maka close dulu untuk mengambil efek dari setting lalu buka kembali cmd.
Sekarang ketik javac, bila berhasil maka akan muncul keterangan panjang bukan lagi "javac not recognized.."
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Powered by Danz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Comment Tapi yang membangun ya (Jangan Spam) (^.^)

Trend Minggu Ini