Pengaruh Refresh Di Windows

Pernahkah Komputer anda hang(not responding)? Kemudian apa yang anda lakukan?
Untuk pengguna non-windows mereka jelas akan menunggu sampai selesai atau mematikan aplikasi yang membuat heng. Tapi untuk para pengguna windows jelas kita akan langsung show desktop, klik-kanan lalu refresh. Berapa kali anda me-refresh nya? satu kali, dua kali, tiga kali atau berkali-kali?
Pernah saya melihat seseorang waktu windowsnya hang kemudian dia pindah ke desktop lalu klik kanan, refresh lalu dia tekan F5(refresh juga) selama beberapa detik tanpa melepasnya.
Tahukah anda apa yang sebenarnya terjadi ketika anda me-refresh tersebut?
Sebenarnya saat anda refresh maka CPU(Prosesor) akan berusaha untuk mereset kondisi ke status terakhir dari sistem.
Pada saat komputer heng terjadi antrian yang sumberdaya dari komuter tersebut tidak terpenuhi tepat waktu sehingga terjadi antrian menjadi lebih panjang lagi. Sebagai perumpamaan jika sebuah spbu sedang melayani pengunjung tiba-tiba stok bbm di tempat itu habis maka tentu dia akan menunggu pasokan dari pusat belum lagi pengunjung yang terus berdatangan sehingga membuat antrian menjadi sangat panjang.
Sebaiknya anda melakukan refresh sekali saja tidak usah berkali-kali karena justru hanya akan menambah beban dari CPU itu sendiri dan akan menambah lama. Mungkin jika anda me-refresh sekali-kali mungkin tak masalah CPU masih bisa menghandel nya. Tapi bagaimana jika anda lakukan berkali-kali dan hampir setiap hari? Ya anda tinggal tunggu saja Prosesor anda akan menurun peformanya.
Untuk menghindari hal tersebut sangat di sarankan anda tidak terlalu sering melakukan refresh, dan jika anda harus melakukannya seperti saat kita merename folder atau file kemudian belum berganti juga maka bolehlah anda refresh tapi cukup sekali saja tidak usah berulang-ulang.
Kemudian penggunaan program di taskbar anda batasi dengan program yang seperlunya saja seperti word dan musik, dan jangan menumpukan program apalagi yang berat seperti 3dsmax dengan flash kemudian ada firefox, Dreamweaver, YM yang masih aktif,dll. kecuali jika anda memakai komputer yang memadai seperti prosesor i7 RAM 16GB harddisk 1TB mungkin tak masalah karena program-program dapat terhandel dengan baik.

Jika terjadi komputer hang, hal yang harus anda lakukan refresh cukup satu kali saja, kalau masih tunggu saja, jika anda membuka banyak program seperti diatas maka tutuplah sebagian yang bisa ditunda untuk nanti lagi pekerjaannya.
Jika masih hang saya sarankan untuk anda beristirahat dengan mematikan komputer dahulu untuk beberapa saat karena mungkin Komputer anda sudah terlalu panas sehingga peformanya sedikit menurun. Atau jika anda sangat memerlukannya cukup rebootlah komputer anda dan setelah ON kembali bukalah program yang anda perlukan saat itu.
Sekian semoga membantu...

Powered by Danz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Comment Tapi yang membangun ya (Jangan Spam) (^.^)

Trend Minggu Ini