Memulai Skrip PHP

Sudah sering saya memposting Tutorial paket aplikasi web server XAMPP, sekarang mari kita mulai belajar skrip php. Untuk memulai kita dari skrip sederhana saja menampilkan informasi php yang anda pakai.
Sebelum memulai, ada beberapa cara untuk menampilkan skrip php akan tetapi jangan lupa semua cara tersebut hanya akan berfungsi pada file dengan extensi php (.php).
Untuk menampilkannya anda dapat menggunakan cara-cara berikut.

cara pertama:
<?php
      Script PHP anda
?>
cara pertama ini adalah cara standar yang banyak digunakan dan secara default support untuk semua versi php mulai dari awal hinggal yang terbaru.

cara kedua:

<?
     Script PHP anda
?>
cara kedua mirip cara pertama cuma tidak ada tulisan php, untuk versi php terbaru beserta paket aplikasi secara default juga sudah support. namun perlu diingat untuk versi dulu, dan mungkin pada beberapa paket aplikasi web server, cara ini tidak support secara default dan harus di konfigurasi manual di php.ini untuk mengaktifkannya.



cara ketiga :

<script language = "php">
  Script PHP Anda
 </script>
cara ini mirip cara menuliskan javascript. cuma yang membedakan adalah fungsi dari sintaks dari bahasa pemogramannya.

cara keempat :

 <%
  Script PHP Anda
 %>
cara keempat ini mirip penulisan skrip asp tapi kontennya adalah skript php. secara default cara ini TIDAK otomatis di load pada php, dan juga paket aplikasi web yang memuat php didalamnya. Untuk mengaktifkan cara ini juga harus dikonfigurasi manual di php.ini kemudian merubah asp tag dari off menjadi on.

Sebelum kita membuat skrip php yang harus kita lakukan adalah mengaktifkan web server yaitu apache, atau jika anda menggunakan paket aplikasi, maka anda juga harus mengaktifkan apache-nya.


Jika sudah mari kita mulai dari skrip sederhana.
Yang harus kita lakukan adalah buka notepad, atau notepad++ atau dreamweaver, atau text editor lainnya.
kemudian kita ketikan :

 <?php
 phpinfo();
 ?>

Jika sudah kita simpan. Jangan lupa ekstensinya adalah php. semisal kita akan menyimpan dengan nama info, maka harus "info.php". Jika anda menggunakan notepad standar, jangan lupa tipe fillenya pilih all file.
Kemudian tempat kita menyimpan juga jangan sembarangan tapi haruslah di rootdir apache yang telah kita aktifkan. Secara default letak rootdir-nya adalah di /apache/htdocs
Jika anda menggunakan paket aplikasi seperti xampp, maka default roodirnya adalah di /xampp/htdocs.
simpan di folder yang saya sebutkan diatas.

jika sudah, untuk melihat hasilnya, buka browser kemudian ketikan http://localhost/namafile.php sebagai contoh tadi nama file diatas adalah info.php maka di browser ketik http://localhost/info.php
Jika benar maka browser akan menampilkan informasi mengenai php yang anda pakai mulai dari versi dan lainnya.

Selain dengan localhost, untuk memanggil loopback juga bisa dengan IP 127.x.y.z sebagai contoh 127.0.0.1, 127.1.1.2 jadi di browser ketik http://127.0.0.1/info.php
Sekian saja dari saya
Semoga Membantu.




Powered by Danz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Comment Tapi yang membangun ya (Jangan Spam) (^.^)

Trend Minggu Ini