Tips Mengamankan Password Akun Facebook

Sedikit tips untuk mengamankan facebook anda dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab.

Tips Mengamankan AKun Facebook dari pembajakan
1. Gunakan password yang unik dan susah ditebak orang lain

2. Jangan gunakan tanggal lahir untuk password untuk akun apapun terutama untuk akun facebook. Jika tanggal lahir kamu tercantum di profil facebook kamu, disitulah percobaan pertama para hacker (atau teman yang iseng) untuk masuk ke akun facebook kamu dan mengendalikannya tanpa sepengetahuan kamu.

3. Bedakan password untuk akun Facebook dengan password untuk akun email. jika terpaksa akun facebook kamu kena hack, maka dia pun akan mencoba ngehack akun email kamu dengan password yang sama. Jika akun email kamu sudah kena hack, alamat gak bakal bisa dipulihkan lagi kecuali kamu ingat pertanyaan keamanan waktu membuat email. Naah.. ini yang sering disepelekan waktu membuat email.

4. Gunakan pertanyaan keamanan dan jawaban yang mudah diingat, tapi sulit ditebak orang lain. Kalau suatu saat email kamu kena hack, masih ada kemungkinan untuk mendapatkan password baru dengan menjawab pertanyaan keamanan itu. Kalau kamu lupa, bersiaplah untuk membuat akun email dan facebook yang baru dan kehilangan semua teman yang sudah ada.

5. Facebook tidak pernah mengirimkan anda pesan, apalagi meminta detail e-mail dan password, jika itu terjadi pada anda maka yakinlah itu adalah scam alias palsu.

6. Aplikasi-aplikasi third party atau pihak ketiga contoh : Texas Holdem Poker milik zynga tidak pernah mengirimkan anda pesan, apalagi meminta detail e-mail dan password, jika itu terjadi pada anda maka yakinlah itu adalah scam alias palsu kecuali meminta anda mengkonfirmasi melalui situs mereka.

7. Selalu teliti melihat alamat pada address bar, contoh :

asli : http://facebook.com/ 
Palsu : http://palsu.com/facebook

sebenarnya tips diatas masih terlalu gampang di patahakan, jika anda ingin membaca lebih lanjut tentang tips menghidari phising ilahkan ikuti tautan ini 10 tips menghindari serangan phising

8. Serangan terbesar dalam mencuri akun facebook adalah menggunakan tehnik phising kemudian yang ke dua adalah serangan menggunakan MALWARE contoh seperti keyogger, trojan dll, program-program seperti ini sangat mudah merekam aktifitas penggunaan komputer anda, maka cara paling ampuh adalah jangan sembarang mendownload aplikasi dari situs-situs yang tidak di percaya, kemudian updatelah terus antivirus anda.

demikian bentuk yang sangattttttttttt............. dasar dari perlindungan akun facebook maupun akun - akun anda lainnya.

terima kasih
sumber: http://id-id.facebook.com/note.php?note_id=140511262626864

Powered by Danz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Comment Tapi yang membangun ya (Jangan Spam) (^.^)

Trend Minggu Ini